Perancangan Aplikasi Surat Masuk Dan Keluar Menggunakan Visual Basic 6.0
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang PKL
Perkembangan
teknologi saat ini sangat pesat khusunya di bidang komputer dan elektronika.
Teknologi yang dikembangkan bertujuan untuk memberikan keamanan, baik keamanan
diri maupun keamanan terhadap dokumen-dokumen penting agar terhindar dari
tindak kriminalitas, khusunya tindakan pencurian. Dokumen-dokumen penting
biasanya disimpan dalam suatu ruangan khusus agar tidak diambil oleh
orang-orang yang tidak berhak. Menanggulangi hal tersebut, banyak yang
menggunakan teknologi informasi yang aman dan tidak dapat di ambil oleh orang
lain.
Melihat
kebutuhan instansi dan perusahaan yang semakin meningkat, banyak yang
menginginkan media informasi yang mampu di buka oleh seluruh orang dalam satu
instansi atau perusahaan.
Banyak instansi
perusahaan di Blitar menggunakan media informasi untuk memberikan informasi
kepada orang-orang dalm satu instansi, seperti informasi data surat masuk salah satunya Dinas
Koperasi dan UMKM Kabupaten Blitar, di sini media pendataan surat masuk yang ada
masih menggunakan Sistem Manual.
Melihat kondisi
yang ada,maka penulis tertarik untuk membahas kegiatan PKL dan pembuatan aplikasi
pendataan surat masuk yang ada di Dinas
Koperasi dan UMKM Kabupaten Blitar. Dengan pertimbangan tersebut penulis ingin
memerapkan pengetahuan yang telah diperoleh maka penulis tertarik untuk
menyajikan dalam bentuk laporan yang berjudul ”PERANCANGAN APLIKASI PENDATAAN SURAT MASUK DENGAN VIBI 6.0 DI DINAS
KOPERASI DAN UMKM KABUPATEN BLITAR” guna membantu memperoleh ilmu baru yang
telah kami dapat untuk dibagikan ke mahasiswa lain atau pembaca laporan ini.
1.2
Tujuan Praktik
Kerja Lapangan
Berdasarkan rumusan masalah diatas dapat disimpulkan tujuan diselenggarakannya
Praktik Kerja Lapangan pada Program Studi Sistem Komputer adalah sebagaimana berikut :
1.
Mengetahui kinerja dinas koprasi dan UMKM
Kabupaten Blitar
2.
Mengetahui sistem administrasi dalam kesekertariatan
koperasi.
3.
Menginplementasikan
ilmu kompunter dalam proses kerja Dinas Koperasi dan UMKM Kab Blitar
4.
Mempermudah
dalam pendataan surat masuk
1.3
Manfaat PKL
a. Bagi mahasiswa
1.
Mendapatkan banyak ilmu tentang system kerja kesekertariatan koperasi dan UMKM
2.
Dapat mengembangkan daya kreasi maupun inovasi
mahasiswa pada bidang ilmu yang didapatkan dari proses perkuliahaan di Fakultas
Sistem Komputer
3.
Mengetahui bagaimana membangun usaha bagi para
pemula
b. Bagi
instansi :
1. Memperoleh
sumbangan pemikiran dan tenaga dalam rangka meningkatkan kinerja instansi
2. Dapat
melaksanankan salah satu bentuk tanggung
jawab sosial kepada masyarakat.
1.4
Sistematika Penulisan
Untuk mempermudah dalam memahami masalah, maka
laporan Praktek Kerja Lapangan ini disusun dengan sistematika peenulisan
sebagai berikut :
BAB I PENDAHULAN
Pada bab kesatu ini
mengemukakan tentang latar belakang masalah yang melatar belakangi pembuatan
laporan, maksud dan tujuan, manfaatPraktek Kerja Lapanganserta sistematika penulisan.
BAB II PROFIL PERUSAHAAN
Pada bab kedua ini
penulis menjelaskan tentang gambaran instansi Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten
Blitar, meliputi landasan pendirian, struktur OrganisasiDinas Koperasi dan UMKM
Kabupaten Blitar,Visi dan Misi,Tugas pokok fungsi dan kewenangan DinKop Kabupaten
Blitar.
BAB III RUANG LINGKUP PEKERJAAN
Bab ini menguraikan
tentang tempat penelitian, waktu penelitian. Metode yang digunakan dalam
pelaksanaan Praktek Kerja Lapang serta sasaran praktek kerja lapangan di Dinas
Koperasi dan UMKM Kabupaten Blitar.
BAB IV PEMECAHAN MASALAH
Pada bab keempat ini
menjelaskan tentang pemecahan masalah dari tugas khusus yang telah diberikan
oleh Dinas Koperasi Dan UMKM Kabupaten Blitar.
BAB V PENUTUP
Pada bab ini berisi tentang pengambilan kesimpulan
dari pembahsan bab I sampai dengan bab V serta saran-saran yang mungkin dapat
dijadikan sebagai bahan masukan bagi Kantor Dinas Koperasi Dan UMKM Kabupaten
Blitar.
Perancangan
Sistem
Setelah Tahap Analisis Sitem Selesai Dilakukan, Maka
Analis Sistem Telah Mendapatkan Gambaran Dengan Jelas Apa Yang Harus
Dikerjakan. Tiba Waktunya Sekarang Bagi Analis Sistem Untuk Memikirkan
Bagaimana Membentuk Sistem Tersebut. Tahap Ini Disebut Dengan Perancangan
Sistem. Perancangan Sistem Dapat Dibagi Dalam 2 Bagian, Yaitu :
1. Perancangan
Sistem Secara Umum.
2. Perancangan
Sistem Terinci.
4.1.1 Perancangan Sistem Lama
Pada Sistem Lama
Pendataan Surat Yang Masuk Masih Manual Dan Dengan Cara Penulisan Tangan,
Sehingga Proses Dapat Memakan Waktu Yang Lama Dan Terkadi Kesulitan Dalam
Pencarian Data .
4.1.2 Perancangan Sistem Baru
Pada Sistem Yang Baru Memudahkan Pengguna Dalam
Input Data Mengenai Surat Yang Masuk Serta Memudahkan Dalam Pencarian Informasi
Mengenai Surat Yang Masuk Sehingga Membantu Dalam Efisiensi Waktu
Konsep
Dasar Pembuatan Aplikasi Pendataan Surat Masuk
Dalam Merancang Sebuah Aplikasi Pendataan Surat
Masuk Hal Yang Perlu Diperhatikan Ialah Nilai Efektif Terutama Dalam Fungsi
Yang Disesuaikan Dengan Tujuan Dan Pembuatan Aplikasi Itu Sendiri. Nilai- Nilai
Efektifitas Tersebut Antara Lain Adalah Sebagai Berikut :
1. Aplikasi
Harus Mudah Digunakan Oleh Berbagai Kalangan Termasuk Oleh Pemuda.
2. Kecepatan,
Memberi Efisiensi Dalam Input Data
Spesifikasi
Alat
Untuk
Membangun Aplikasi Pendataan Surat Masuk Ini Dibutuhkan Perangkat Keras Dan
Perangkat Lunak, Yaitu :
a.
Perangkat Keras :
1.
Komputer Dengan Prosesor Minimal 2.4 Ghz
2.
Monitor Vga Atau Dengan Resolusi Yang
Lebih Tinggi
3.
Harddisk 40 Gb
4.
Keyboard, Mouse Dan Cd Rom
B. Perangkat Lunak :
1.
Windows Xp
2. Mocrosoft
Visual Basic 6.0
3. Ms.Access
2007/ Ms.Access 2003
Perancangan
Diagram Alur (Flowchat)
Flowchart Atau Bagan Alir Adalah Bagan (Chart) Yang Menunjukkan Alir (Flow) Di
Dalam Program Atau Prosedur Sistem Secara Logika. Bagan Alir (Flowchat)
Digunakan Terutama Untuk Alat Bantu Dalam Perancangan Program
Rancangan
Aplikasi
Dalam
Perancangan Aplikasi Pendataan Surat Masuk Ada Dua Tahapan Yang Dilaksanakan
Yaitu:
1. Pembuatan
Database Dengan Ms.Access 2003/2007
2. Pembuatan
From Menggunakan Visual Basic 6.0
Pembuatan
Database Dengan Ms.Access 2007
1.
Pertama Buka Aplikasi Ms.Access 2007 selanjutan buat form baru
1. 2. selanjutnya mengisi field sesuai data
yang akan di simpan: id, nomor surat, perihal, lampiran,
tanggal surat, isi
surat, pengirim dan tujuan
pembuatan
form aplikasi pada visual basic 6.0
1.
desain program entri data surat masuk seperti
dibawah ini, untuk ukuran, warna, kata-kata label
2.
untuk mengkoneksikan data base ke dalam
program vibi dengan cara klik kanan pada adodc properties
3.
selanjutnya pada tab use conection
setting klik build maka akan muncul tampilan seperti berikut
4. klik
select or enter a database name access data
5. pilih database yang dikoneksikan dan
klik open
5.
selanjutnya test database yang
dikoneksikan dengan klik tab test connection
Implementasi
Dan Pengujian Aplikasi
Halaman web ini di buat sesuai
dengan rancangan yang sudah di buat. Bukan hanya coding program Aplikasi juga dibuat menarik dan mudah dioperasikan oleh
pengguna sehingga dalam pendataan surat masuk mudah diinputkan kedalam program.
selesai
hasil
akhir program setelah data diinputkan
untuk coding pemrograman nya silahkan hub email saya : papapapa575@gmail.com
sekian terimakasih.
kalo pakai database dari php sama ga ?
ReplyDelete